5 Item DOTA 2 Yang Bikin Jalannya Pertempuran Jadi Berbeda [No. 1 – 3 Sering Diabaikan Para Pemula]

Ada begitu banyak jenis item DotA 2 dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Tapi intinya, item-item tersebut berfungsi untuk menaikkan damage hero DotA 2, menambah attack speed, serta meningkatkan daya tahan (strenght) hero terhadap serangan yang diterimanya.

Dari sekian banyaknya item di game DotA 2, ada beberapa item situasional yang bisa mempengaruhi jalannya sebuah pertempuran atau clash.

Ada atau tidaknya keberadaan item tersebut bisa membuat team kamu memenangkan sebuah match atau sebaliknya malah team musuh yang akan keluar sebagai pemenang.

Baca Juga: Ini Dia 13 Pilihan Hero Dota 2 Untuk Pemula Yang Paling Mudah Dimainkan Beserta Tips Memilih Itemnya

Apa saja item-item DotA 2 situasional tersebut? MainDota2.com sudah menyiapkan ulasan lengkapnya berikut ini.

5 Item DOTA 2 Situasional Yang Wajib Ada Di Team Kamu

Jika kamu ingin memenangkan sebuah match di DotA 2, maka 5 item DotA 2 berikut ini wajib kamu pertimbangkan dan setidaknya salah satunya wajib ada di team kamu. Item terakhir malah bisa bikin kamu jadi dewa kill alias EZ Rampage loh.

Baca Juga: Ini Dia Item dan Set Hero Dota 2 Termahal Yang Pernah Laku Terjual

1.  Black King Bar – Item DotA 2 Anti Magic Damage, Anti Disable

Item Dota 2 anti magic damage Black King BarBagi seorang pemain DotA 2 yang menjalankan peran sebagai Carry, item situasional Black King Bar ini bisa dibilang wajib kamu beli di setiap match, apalagi jika musuh kamu banyak yang memiliki skill serangan magic dan atau disable.

Black King Bar dapat melindungi penggunanya dengan Spell Immune dan 100% Magic Damage Resistance selama durasi waktu tertentu (pertama digunakan 10 detik, dan menurun terus hingga 5 detik).

Dengan meng-aktifkan BKB, kamu tidak akan terkena efek serangan magic sekaligus tidak akan bisa di-disable oleh musuh. Sehingga diharapkan sebagai seorang carry, bisa menghabisi musuh-musuh kamu dan pada akhirnya bisa memenangkan match tersebut.

TIPS:

  • Item Black King Bar tidak hanya wajib bagi seorang Carry, tapi Tanker dan Support pun terkadang juga memerlukan item ini, terutama jika musuh kamu banyak yang memiliki skill disable dan atau magic damage.
  • Jika musuh kamu tidak ada yang memiliki kemampuan disable yang kuat / strong disable, lebih baik kamu membeli item lain yang lebih berguna, baik berguna untuk kamu sendiri maupun untuk team kamu, karena item Black King Bar ini harganya lumayan mahal yaitu seharga 3975 Gold.

2.  Item DotA 2 Blade Mail [BM]

Item Dota 2 Blade Mail

Blade Mail merupakan salah satu item DotA 2 yang juga bersifat situasional namun terbilang wajib bagi para hero Tanker maupun bagi hero Inisiator.

Blade Mail, jika diaktifkan maka akan memantulkan 100% damage. Artinya, jika musuh meng-hit dan atau menggunakan skillnya kepada kamu, maka hero musuh tadi akan menerima 100% damage yang dihasilkan dari hit-tan dan skillnya tersebut.

Item Blade Mail sangat cocok digunakan untuk melawan hero-hero type Intelligence yang memiliki damage skill besar seperti skill Laguna Blade Hero Lina, Impetus Enchantress serta hero-hero lain yang memiliki damage tinggi.

Blade Mail juga sangat cocok digunakan oleh Hero-hero yang sering dipakai sebagai Inisiator, seperti Call-nya Axe atau Duel Legion Commander.

Dengan adanya item Blade Mail, bukan hal yang mustahil musuh kamu akan auto die (mati dengan sendirinya) ketika berusaha untuk menyerang kamu.

Kamu bisa lihat video berikut ini, yang menngambarkan bagaimana penting dan bergunanya keberadaan item Blade Mail.

Dengan harga 2200 Gold, maka secara logika item ini bisa dibeli diawal game atau setidaknya di pertengahan game (mid game).

3.  Ghost Scepter – Item DotA 2 Anti Physical Damage

Item Dota 2 anti physical damage Ghost Scepter

Item DotA 2 situasional Ghost Scepter seharga 1500 Gold ini sangat cocok untuk melawan hero-hero yang memiliki damage besar namun type serangan nya adalah Fisik (physical damage), seperti hit-tan Hero Phantom Assasin, Omni Slash Juggernaut, dll.

Ketika item ini diaktifkan maka kamu akan berubah menjadi hantu, dimana pada kondisi tersebut kamu tidak bisa diserang oleh musuh dengan type serangan fisik.

Tapi sayangnya selain memiliki kelebihan, item Ghost Scepter ini juga memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap serangan magic. Ketika kamu meng-aktifkan item ini maka kamu akan menerima 40% lebih besar serangan magic.

Artinya, ketika musuh menggunakan skill magic damage pada saat kamu meng-aktifkan item Ghost Scepter, maka besaran damage serangan musuh tersebut yang kamu terima akan meningkat menjadi 40% lebih besar dibanding jika kamu tidak meng-aktifkan Ghost Scepter.

Dengan demikian jika musuh kamu banyak yang memiliki skill ataupun type serangan magic damage, saya sarankan untuk tidak membeli item ini. Sebagai gantinya akan lebih berguna jika kamu membeli item Black King Bar seperti yang saya sebutkan pada urutan pertama di atas.

4.  Aghanim Scepter – Item DotA 2 IMBA

loading...

Item DotA 2 IMBA Aghanim Scepter

Aghanim Scepter merupakan item DotA 2 situasional seharga 4200 Gold yang sangat imba sekaligus diminati dan cocok bagi hampir seluruh hero yang ada di DotA 2, mulai hero Intelligence, Strength (Tanker) maupun hero Carry (Agility).

Cocok bagi hampir semua hero karena Aghanim Scepter ini akan meningkatkan kemampuan hero yang memakainya sesuai dengan type hero tersebut.

Jika hero yang memakainya adalah type Strength, maka hero tersebut akan semakin tebal dan badak sehingga makin kuat dan makin sulit dibunuh.

Jika yang menggunakan item Aghanim Scepter adalah hero Intelligence maka magic damage hero tersebut akan semakin besar dan sakit bahkan jumlah mana yang dibutuhkan serta cooldown skill nya akan jauh berkurang.

Jika hero Carry yang memiliki item Aghanim Scepter maka akan meningkatkan attack damage.

Item Aghanim Scepter bisa dikatakan IMBA karena pada hero-hero tertentu dapat menambahkan efek damage yang sangat besar dan dasyat sekaligus bisa memunculkan skil baru yang tidak ada jika tanpa Aghanim Scepter.

Berikut perubahan skill yang terjadi ketika hero memakai item Aghanim Scepter:

  • Hero Zeus: Memunculkan skill baru Nimbus yang bisa menciptakan awan badai disertai petir yang menyambar di mana saja pada MAP. Skill ini tidak ada jika hero Zeus tidak memiliki item Aghanim Scepter.
  • Lina: Type sdamage Skill Laguna Blade’s akan berubah dari type MAGIC menjadi Pure Damage sekaligus bisa menembus spell immunity, artinya skill Laguna Lina tembus BKB.
  • Sniper: Ulti Assassinate Sniper akan menjadi area. Artinya tidak hanya 1 hero yang akan terkena serangan ulti sniper, tapi seluruh hero musuh yang berdekatan akan terkena efek dan damage skill Assassinate Sniper.
  • Tusk: Memunculkan skill baru Walrus Kick yang bisa meng-kick musuh sejauh 1400 serta mengurangi movement speed musuh yang ditendang tersebut.
  • Wraith King: Jika ada hero kawan yang mati didekat Wraith King dalam jarak maksimal 1200 range, maka hero yang mati tadi akan tertunda kematiannya selama 7 detik. Hebatnya lagi, selama 7 detik tersebut, hero kawan yang sudah mati tadi masih bisa menyerang musuh.
  • Serta masih banyak hero-hero lain yang mengalami peningkatan efek dan damage skill serta mendapatkan skill baru jika sudah memakai item Aghanim Scepter.

5.  Divine Rapier – Item DotA 2 Terkuat

Item DotA 2 Terkuat Divine Rapier

Divine Rapier merupakan item DotA 2 yang paling kuat, dalam artian paling besar attack damage nya. Item ini bisa dibeli seharga 6000 Gold.

Sebagai Item situasional terkuat di DotA 2, Divine Rapier merupakan item yang fenomenal sekaligus penuh resiko. Disebut Fenomenal karena bonus damage yang bisa didapatkan dari item ini sangatlah besar.

Saking besarnya, sekali tebas hero musuh bisa saja langsung mati seketika, selain itu kamu juga bisa mendapatkan RAMPAGE dengan mudah.

Sebaliknya dikatakan beresiko karena item Divine Rapier ini bisa berpindah ke tangan musuh kamu. Ketika hero kamu mati, maka item Divine Rapier akan terjatuh dan bisa diambil oleh siapapun termasuk oleh hero musuh.

Bayangkan jika item ini malah jatuh ketangan musuh kamu, tentunya alamat celaka bagi team kamu bukan?

Karena itu, sangat disarankan untuk membeli item Divine Rapier ketika kamu sudah memiliki seluruh item core hero kamu (biasanya ketika late game).

Karena beresiko besar, maka tidak sembarangan hero yang direkomendasikan untuk membeli dan menggunakan item Divine Rapier ini.

Hero-hero dengan ciri-ciri dibawah ini sangat cocok untuk menggunakan item Divine Rapier:

  • Hero yang dapat menyerang beberapa musuh sekaligus secara efektif, baik karena bantuan item atau memang karena skill hero tersebut.
  • Hero yang memiliki kemampuan spell immunity, lifesteal, damage reduction, atau Reincarnation.
  • Hero yang memiliki attack speed yang tinggi atau memiliki kemampuan disable yang cukup lama.
  • Hero yang memiliki kemampuan untuk kabur dengan cepat.

Berikut hero-hero yang cocok / disarankan untuk menggunakan item Divine Rapier:

  • Phantom Asassin karena memiliki skill pasif critical damage Coup de Grace yang besar dipadukan dengan item Divine Rapier, hasilnya bisa dibayangkan sekali tebas hero musuh akan mati.
  • Medusa karena memiliki ulti Stone Gaze yang bisa membekukan musuhnya dalam waktu yang cukup lama, sehingga bisa free hit.
  • Faceless Void karena memiliki ulti Chronosphere sehingga bisa free hit.
  • Sniper karena memiliki jarak jangkauan serangan yang sangat jauh (paling jauh di DotA 2) sehingga relatif lebih aman menyerang musuh tanpa takut item Divine Rapier terjatuh karena dibunuh musuh.
  • Wraith King karena memiliki skill regenarasi Vampiric Aura sekaligus kemampuan untuk hidup kembali berkat adanya ulti Reincarnation.
  • Ember Spirit karena memiliki kemampuan untuk menyerang musuh sekaligus karena skill Sleight of Fist, memiliki kemampuan untuk kabur dengan seketika berkat adanya skill Fire Remnant.
  • Lifestealer karena memiliki skill spell immunity Rage sekaligus kemampuan untuk regenerasi berkat adanya skill Feast.
  • Serta hero-hero lain yang memiliki kemampaun yang saya sebutkan diatas, dengan syarat sudah memiliki seluruh item core (item utama).

Itulah 5 macam Item DotA 2 yang keberadaanya baik di team kamu ataupun team lawan bisa mempengaruhi jalannya sebuah pertempuran, bahkan bisa menentukan siapa yang akan memenangkan match tersebut.

Kesimpulan

Sedapatkan mungkin item-item seperti Black King Bar, Blade Mail dan atau Aghanim Scepter ada di team kamu. Jika tidak memungkinkan seluruh hero memakainya, setidaknya 1-2 hero saja sudah cukup.

Sedangkan item Ghost Scepter dan Divine Rapier harus melihat keadaan dulu.

Jika musuh kamu banyak yang mengandalkan physical damage, sebaiknya beli item Ghost Scepter. Sebaliknya jka musuh banyak yang bertype Magic Damage, sebaiknya tidak perlu membeli item ini.

Sebaliknya jka musuh banyak yang bertype Magic Damage, sebaiknya tidak perlu membeli item ini.

Untuk item DotA 2 terkuat yakni Divine Rapier, kamu bisa saja membeli item ini dengan syarat hero kamu memenuhi syarat-syarat yang disarankan seperti yang sudah disebutkan dalam artikel ini.

5 Item DOTA 2 Yang Bikin Jalannya Pertempuran Jadi Berbeda [No. 1 – 3 Sering Diabaikan Para Pemula]
9.5 (95%) 4 votes

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Shares