13 Pilihan Hero Dota 2 Untuk Pemula Dan Itemnya Yang Cocok

Bicara mengenai Hero Dota 2 untuk pemula yang mudah untuk dimainkan, tentunya tidak terlepas dari beberapa Hero dari sekian banyaknya Daftar Hero Dota 2 yang menjadi kesukaan atau pavorit bagi seorang player Dota 2.

Pemilihan Hero dalam permainan Dota 2 sangat menentukan jalannya sebuah match.

Memilih Karakter Dota 2 yang tepat disertai Skil pemain yang mumpuni serta kerjasama team yang apik, maka bisa dipastikan team tersebut akan mendominasi permainan hingga akhirnya bisa memenangkan game tersebut.

Namun Masalahnya, tidak seperti pemain Pro yang rata-rata menguasai dan bisa memainkan hampir seluruh Hero yang ada di Dota 2, para pemain pemula -yang kadang kala sering di caci dan dibilang Noob– tentunya akan kesulitan menentukan hero apa yang akan di pilih pada sebuah game.

Karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai apa saja hero Dota 2 untuk pemula dan itemnya yang disarankan untuk di-build, sehingga bisa meningkatkan peluang kamu untuk memenangkan sebuah match, entah itu mode Public Normal Match ataupun Ranked Match (MMR).

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Main Dota 2 Mode Online dan Offline (LAN).

 

Daftar Isi

13 Pilihan Karakter Dota 2 Untuk Pemula Yang Gampang Dimainkan Beserta Item Build Yang Disarankan

tips memilih hero dota 2 untuk pemula dan itemnya

Baca Juga: Ini Dia Daftar Harga Item Dota 2 Terlangka dan Termahal [ada yang seharga 500 juta loh]

Jika kamu masih pemula atau baru belajar cara main game Dota 2, MainDota2 sangat menyarankan untuk memilih salah satu dari beberapa daftar hero Dota 2 terbaik untuk pemula di bawah ini.

Hero yang cocok untuk pemula berikut sengaja kami pilihkan karena sangat mudah dimainkan bahkan untuk para Player yang baru pertama kali main game Dota 2 sekalipun.

Mudah dalam artian memenuhi beberapa kategori hero pemula, seperti mudah untuk farming, memiliki damage yang besar atau memiliki skill untuk kabur (escape).

Disamping itu, panduan hero Dota 2 pemula ini juga berdasarkan suggest atau saran dari Valve selaku pengembang game DOTA 2. Hal tersebut setidaknya dibuktikan pada saat kamu membuat akun Dota 2 baru maka pada saat find Normal Match, hero selections yang bisa kamu pilih masih terbatas sebanyak 20 hero saja yang dianggap Valve paling mudah untuk dimainkan.

Batasan hero tersebut akan hilang jika kamu sudah  memainkan game Dota 2 mode Public Normal Match (tidak termasuk bermain dengan Bot) dengan jumlah diatas 25 kali match (minimal 26 game).

Akan tetapi, meskipun hero-hero dalam artikel ini dianggap sebagai hero pemula, bukan berarti kamu tidak bisa memenangkan sebuah match ya, peluang kemenangan tetap sama bahkan jauh lebih besar dibanding kamu memainkan Hero Dota 2 yang sulit tapi tidak bisa atau belum terbiasa mengontrol hero tersebut.

Oh ya, Meskipun Valve memberikan pilihan 20 hero, sebaliknya MainDota2.com hanya merekomendasikan 13 hero saja. Hal itu mengingat pengalaman saya, ada beberapa hero yang menurut Valve mudah untuk dimainkan namun kenyataannya sangat menyulitkan bagi pemain pemula.

Berikut 14 daftar Hero Dota 2 untuk Pemula yang mudah dimainkan beserta item build yang disarankan versi MainDota2.com.

Hero Dota 2 Untuk Pemula Sebagai CARRY:

Hero yang sering dipakai untuk mengisi Role Hard Carry atau Semi Carry di Dota 2 biasanya adalah hero dengan type Agility walaupun ada beberapa hero type Strenght yang juga bisa berperan ganda yaitu sebagai Carry sekaligus merangkap Tanker.

1. Sniper / Kardel Sharpeye

 Sniper hero carry jarak jauh dota 2 untuk pemula

Role: Carry/Nuker (Ranged)
Primary Attribute: Agility

 

Jika kamu memang baru mengenal Dota 2, maka saya merekomendasikan untuk memainkan hero-hero ranged ketimbang hero melee.

Dengan memainkan hero Dota 2 jarak jauh alias hero ranged, maka kamu tidak perlu takut sering dicicill lawan di lane, kamu juga tidak perlu maju pertama sekali ketika terjadi war.

Salah satu hero range Dota 2 untuk pemula yang layak kamu pertimbangkan adalah Sniper.

Sniper termasuk salah satu hero carry Dota 2 untuk pemula yang paling mudah untuk dimainkan sekaligus paling banyak diminati dan dipakai oleh para pemula.

Hal tersebut tidak lain karena Sniper memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh hero lain, yaitu jarak serang pasif yang sangat jauh (bahkan yang terjauh di Dota 2) sehingga kamu bisa farming lebih efisien dekat dengan tower kalian sekaligus bisa menyerang tower lawan dari jarak yang aman.

Selain itu, karakter Sniper adalah hero pertama yang saya mainkan ketika baru mengenal Dota 2 sekitar 3 tahun yang lalu dan sampai saat ini saya masih sering memainkan karakter Dota 2 yang satu ini.

Tips menggunakan Hero Sniper bagi pemula:
  • Ketika terjadi War atau saat kamu ingin menyerang musuh, cukup berdiri dari jarak yang aman atau bersembunyi diantara kelebatan hutan/jungle atau manfaat kan adanya Fog of War, lalu kamu gunakan kelebihan Sniper yang bisa menyerang musuh dari jarak yang sangat jauh.
  • Jika ada musuh yang sekarat dan mencoba kabur, kamu gunakan saja Ultimate / SS dari sniper yaitu Assassinate, dijamin deh musuh kamu mati dalam sekali tembak.
  • Dikarenakan Sniper termasuk salah satu hero yang memiliki darah paling tipis di Dota 2, maka sangat disarankan untuk membeli item Shadow Blade yang bisa digunakan untuk menghilang atau untuk kabur dari kejaran musuh sekaligus untuk mem-bokong musuh.
Rekomendasi Build Item Sniper untuk Pemula:

Awal game: Beli Tango 1 set, Wraith Band.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

Jika sudah late game, ganti sepatu Power Treads kamu menjadi Boots of Travel.

2. Shadow Blade / Silver Edge

Beli Shadow Blade dulu, setelah late game atau jika Gold kamu sudah banyak upgrade menjadi Silver Edge. Begitu juga untuk urutan build item di bawah ini.

3. Dragon Lance / Hurricane Pike

4. Maelstrom / Mjolnir

5. Crystalys / Daedalus

6. Monkey King Bar atau Aghanim’s Scepter atau Butterfly

  • Jika ada musuh yang menggunakan hero miss seperti; Phantom Assasin, Wind Ranger, Brew Master, dll atau ada lawan yang menggunakan salah satu item miss seperti; Butterfly, Heaven’s Halber, Radiance atau Solar Crest, sebaiknya beli item Monkey King Bar yang berguna untuk menghilangkan miss setiap serangan kamu ke hero lawan tersebut.
  • Jika tidak ada hero musuh yang miss/tidak menggunakan item miss, dan hero musuh kamu banyak yang Melee, kamu bisa beli item Aghanim’s Scepter.
  • Sebaliknya jika musuh kamu banyak yang hero Ranged, beli saja iteam Butterfly sebagai pengganti Aghanim’s.

 

2. Stealth Assassin alias Riki

Riki karakter dota 2 yang cocok untuk pemula

Role: Carry/Escape/Disabler (Melee)
Primary Attribute: Agility

 

Rekomendasi hero carry dota 2 untuk pemula berikutnya adalah Riki. Salah satu alasannya adalah sesuai dengan namanya The Stealth Assassin, yaitu kemampuan hero Riki yang bisa menghilang (invis) secara permanen berkat skil-3 nya yang pasif yaitu skill Cloak and Dagger.

Artinya, jika kalian sudah mengambil skil 3 Riki, maka hero ini tidak akan kelihatan di MAP oleh musuh, kecuali kamu melakukan hit hero lawan, hit creep, kena Dust, ada Sentry Ward atau musuh membawa Gem.

Tips menggunakan Hero Riki untuk pemula:
  • Jika kamu ingin menyerang musuh, maka sesaat setelah meng-hit musuh tersebut langsung gunakan skill 1 Riki (Smoke Screen) tepat kearah mana hero lawan bergerak. Dengan adanya smoke, maka haro lawan akan miss ketika menyerang kamu sekaligus hero lawan tersebut akan terkena Silence yaitu tidak bisa menggunakan skillnya.
  • Dikarenakan kelemahan Riki yang memiliki darah yang tipis sehingga rawan dibunuh musuh, maka disarankan untuk membeli item keselamatan sekaligus bisa menghilangkan efek kena dust yaitu item Eul Scepter.
  • Ketika kamu kena dust, gunakan item Eul Scepter pada hero kamu tersebut, maka setelah itu efek dust akan hilang.
Rekomendasi Build Item Riki untuk Pemula:

Awal game: Tango 1 set, Poor Man’s Shield. Lalu usahakan untuk segera membeli item Orb of Venom yang berguna untuk memberikan efek racun kepada lawan.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Diffusal Blade / Diffusal Blade 2

3. Yasha / Sange and Yasha

4. Skull Basher / Abyssal Blade

5. Maelstrom / Mjolnir atau Black King Bar atau Eul’s Scepter of Divinity

  • Maelstrom / Mjolnir: Jika di team kamu ada combo hero seperti Engima atau Magnus, maka item ini sangat berguna untuk membantu team fight. Caranya: tepat sesaat setelah Enigma/Magnus menggunakan ULTI nya (dengan asumsi lebih dari 1 hero yang terperangkap), maka kamu hit kumpulan hero lawan tersebut, dan dengan bantuan item Maelstrom / Mjolnir maka efek serangan riki akan menyebar.
  • Black King Bar: Jika musuh kamu banyak yang menggunakan hero dengan kemampuan bisa disable atau stunn (seperti Lion, Sven, Bane, Win Ranger, Invoker, dll), sangat disarankan untuk membeli item Black King Bar ini.
  • Eul’s Scepter of Divinity: Berguna untuk mencegah musu kabur dan untuk menghilangkan efek kena dust pada hero kamu.

6. Monkey King Bar atau Butterfly

  • Jika ada musuh yang menggunakan hero miss atau menggunakan salah satu iteam miss, sebaiknya beli item Monkey King Bar.
  • Sebaliknya jika tidak ada yang miss, belilah item Butterfly.

 

3. Phantom Assasin / Mortred (The King Of Critical)

Role: Carry/Escape (Melee)
Primary Attribute: Agility

Pantom Assasin hero dota 2 terbaik untuk pemulaKarakter Dota 2 Phantom Assassin atau Mortred bisa dibilang adalah salah satu hero dota 2 terbaik untuk pemula maupun pemain Pro.

Selain karena alasan mudah dikontrol, berkat skill ULTIMATE pasifnya (Coup de Grace) Phantom Assasin menjadi pilihan hero carry Dota 2 terbaik untuk pemula karena damage nya bisa sangat besar sebagai Hard Carry, baik di awal game ataupun di late game.

Jika build item kamu tepat ditambah cara main kamu sudah bagus, bukan tidak mungkin PA bisa menghabisi 5 musuh sekaligus dalam sebuah war.

Jika build item kamu tepat ditambah cara main kamu sudah bagus, bukan tidak mungkin PA bisa menghabisi 5 musuh sekaligus dalam sebuah war.

Berkat skill Ulti pasifnya yang bisa mengeluarkan damage yang gila-gilaan, tidak jarang pula kita temui si PA ini bisa nge Kill hero musuh hanya dengan Sekali Hit saja. Wow banget bukan?

Selain itu, sesuai dengan julukan si Mortred sebagai “Phantom Assasin” yang berarti “Pembunuh Bayangan alias Tidak Kasat Mata”, maka kehadirannya PA tidak akan kelihatan di minimap.

Karena alasan-alasan tersebut, maka tidak jarang hampir di setiap match yang kamu mainkan, pasti ada Phantom Assassin atau malah sebaliknya hero Phantom Assassin kena Banned (karena lawan sudah takut duluan, makanya di banned).

Karena kelebihan yang dimilikinya lantas banyak yang mengatakan kalau Phantom Assasin Hero bocah. Padahal tidak ada istilah hero bocah di dalam dunia Dota 2. Setiap hero punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, karena itulah ada istilah Counter Pick Hero.

Tips menggunakan Hero Phantom Assassin dan Build Item yang cocok untuk Pemula:

Awal game: Tango 1 set, Poor Man’s Shield. Lalu usahakan untuk segera membeli item Quelling Blade yang berguna untuk menambah bonus damage di awal game.

Core Items / Late Game:

1. Phase Boots / Boots of Travel

2. Battle Fury

3. Desolator

4. Skull Basher / Abyssal Blade

5. Black King Bar

6. Butterfly atau Vladmir’s Offering / Satanic

  • Jika lawan kamu rata-rata berdarah tipis (type Agility) atau lawan kamu banyak type Intelligence (support), sebaiknya beli item Butterfly.
  • Sebaliknya jika lawan kamu banyak yang berdarah tebal (type Strenght), belilah item Vladmir’s Offering lalu di late game ganti menjadi Satanic.

 

4. Clinkz

Clinkz hero recommended dota 2 untuk pemula

Role: Carry /Escape /Pusher (Ranged)
Primary Attribute: Agility

 

Sebagai Hero Dota 2 jarak jauh bertype Agility yang memiliki damage besar sekaligus memiliki skill untuk kabur, maka Clink kami nobatkan juga sebagai hero range Dota 2 untuk pemula yang patut kamu pertimbangkan untuk dipilih sebagai hero andalan kamu.

Sebagai hero yang termasuk hero range dota 2 untuk pemula bertype Agility,  Clinkz sangat bergantung pada kecepatan serangan sekaligus combo kemampuannya / skill hero.

Skill Skeleton Walk bisa membuat Clink menghilang untuk kemudian mendekati musuh di jarak yang aman lalu gunakan combo skill Strafe dan Searing Arrows untuk menghabisi musuh kamu dengan cepat.

Kamu juga bisa menggunakan combo skill Strafe dan Searing Arrows untuk menghancurkan tower musuh dengan cepat.

Skeleton Walk juga berguna untuk nge-gank musuh yang ada di lane, yang sedang farming di hutan ataupun untuk menggangu musuh yang sedang melakukan stacking creep.

Disamping itu, Clinkz juga memiliki sill ULTIMATE aktif “Death Pact” yang berguna untuk memakan/menyedot creep (baik creep hutan, creep ancient ataupun creep lawan) dan menambah damage fisik dari creep yang ia sedot tersebut (semakin besar darah / HP creep yang dimakan, semakin besar damage fisik yang Clinkz dapatkan).

Tips menggunakan Karakter Clinkz untuk pemula:
  • Jika kamu ingin mem-bokong musuh, maka aktifkan dulu skill menghilang “Skeleton Walk” lalu dekati musuh dan jangan dulu hit musuh kamu tersebut.
  • Sebelum meng-hit musuh lihat dan pastikan bahwa cooldown skill menghilang “Skeleton Walk” akan segera aktif dibawah 5 detik. Setelah yakin, baru hit musuh kamu.
  • Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi jika musuh yang kamu bokong ternyata mendapatkan bala bantuan dari temannya, jadi kamu masih sempat menghilang dan kabur. Jika tidak, maka bisa jadi kamu yang mati duluan.
  • Ketika team figt / war bersama team, maka silahkan abaikan saran diatas. Kamu bisa langsung aktifkan skill 1 Clink beserta skill 2, lalu hit musuh kamu.
Rekomendasi Build Item Clinkz yang cocok untuk Pemula:

Awal game: Tango 1 set, Wraith Band. Lalu usahakan untuk segera membeli item Blight Stone yang berguna untuk mengurangi Armor musuh. Item ini juga bisa diupgrade menjadi Desolator.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Orchid Malevolence / Bloodthorn

3. Desolator

4. Skull Basher / Abyssal Blade

5. Linken’s Sphere atau Black King Bar

  • Linken’s Sphere: Jika team lawan ada yang memakai hero Bloodseeker atau Doom, sebaiknya kamu beli item Linken’s Sphere untuk mencegah kamu terkena Rupture dari Blood atau Doom dari hero Doom.
  • Black King Bar: Jika musuh kamu banyak yang menggunakan hero dengan kemampuan bisa disable atau stunn (seperti Lion, Sven, Bane, Win Ranger, Invoker, dll), sangat disarankan untuk membeli item Black King Bar ini.

6. Monkey King Bar atau Butterfly

  • Jika ada musuh yang menggunakan hero miss atau menggunakan salah satu iteam miss, sebaiknya beli item Monkey King Bar.
  • Sebaliknya jika tidak ada yang miss, belilah item Butterfly.

 

5. Luna – The Moon Rider

Luna hero carry dota 2 untuk pemula

Role: Carry /Nuker /Pusher (Ranged)
Primary Attribute: Agility

 

Meskipun termasuk kategori Karakter Dota 2 dengan type Agility, akan tetapi Luna termasuk hero yang memiliki skill yang lengkap namun tetap mudah dimainkan sehingga layak menjadi salah satu pilihan hero Dota 2 buat pemula.

Ya, luna memiliki skill disable (yang pada umumnya dimiliki hero dengan type Intelligence/support) yaitu Lucent Beam” yang berguna untuk men-stun lawan dari jarak yang cukup jauh / jarak aman.

Disamping itu Luna juga memiliki kemampuan untuk memantulkan serangan pada unit musuh yang saling berdekatan berkat adanya skill “Moon Glaive” dan juga memiliki skill “Lunar Blessing” yang berguna untuk memberikan bonus damage, sungguh perpaduan 2 skill yang akan memudahkan kamu untuk farming dengan sangat cepat sekaligus untuk meng-harras lawan di lane.

Sebagai pamungkas, luna memiliki ULTI berupa Eclipse” yang akan menghujani musuh dengan serangan dasyat yang menyambar secara acak.

Dari perpaduan ke-empat skill tersebut, sangat layak jika kemudian kamu menjatuhkan pilihan pada hero ini atau menjadikannya sebagai hero Dota 2 favorit kamu.

Tips menggunakan Hero Luna untuk pemula:
  • Pada saat war, gunakan skill 1 Lucent Beam” untuk men-stun musuh, kemudian hit musuh, dan terakir selesaikan dengan menggunakan ULTI Eclipse” .
  • Dikarenakan skill Eclipse” sifatnya menyebar, maka damage / kerusakan yang ditimbulkannya akan berkurang jika ada banyak musuh disekitar area kamu meng-aktifkan skil ULTI Luna (termasuk creep hutan dan creep lawan juga akan mengurangi damage ULTI Luna).
  • Beda halnya jika musuh yang kamu ULTI hanya 1 orang, maka besar kemungkinan hero lawan tersebut akan mati di tangan Luna.
Rekomendasi Build Item Luna yang cocok untuk Pemula:

Awal game: Tango 1 set, Wraith Band.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Dragon Lance / Hurricane Pike

3. Yasha / Manta Style

4. Shadow Blade / Silver Edge

5. Black King Bar

6. Monkey King Bar atau Butterfly

  • Jika ada musuh yang menggunakan hero miss atau menggunakan salah satu iteam miss, sebaiknya beli item Monkey King Bar.
  • Sebaliknya jika tidak ada yang miss, belilah item Butterfly.

 

6. Viper the Netherdrake

Viper hero yang cocok untuk pemula di dota 2

Role: Carry /Durable /Initiator /Disabler (Ranged)
Primary Attribute: Agility

Viper termasuk salah satu karakter Dota 2 type Carry Strenght, artinya si Viper ini susah untuk di bunuh namun sebaliknya sangat mematikan alias bisa membunuh hero lawan dengan mudah berkat efek skill racun nya. Selain itu, Viper sangat mudah di kontrol oleh para pemain pemula sekalipun karena tidak banyak skill aktifnya.

Jika kamu ingin bermain agresif dengan tujuan ingin membully lawan, maka pilihlah hero Viper ini dan ambil posisi solo-MID laner. Dijamin musuh kamu di MID-lane akan ketar ketir menghadapi kamu.

Bahkan tidak jarang MID lawan dalam posisi kosong dikarenakan tidak ada yang mau mengambil MID-laner karena harus berhadapan dengan racun Viper yang mematikan.

Tips menggunakan Hero VIPER untuk pemula:
  • Pada saat war, tidak perlu basa-basi, langsung gunakan skil ULTI “Viper Strike” ke musuh kamu, kemudian ikuti dengan meng-hit terus-menerus hero lawan tersebut dengan menggunakan skill 1 “Poison Attack” yang diaktifkan (klik kanan skill tersebut untuk megkatifkannya).
  • Hit terus musuh kamu sampai ia mati.
Rekomendasi Build Item VIPER yang cocok untuk Pemula:

Awal game: Tango 1 set, Wraith Band.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Dragon Lance / Hurricane Pike

3. Yasha / Manta Style

4. Shadow Blade / Silver Edge

5. Heart of Tarrasque

6. Monkey King Bar atau Butterfly

 

 

Hero Yang Bagus Di Dota 2 Untuk Pemula Sebagai TANKER / Strenght:

Jika kamu memiliki jiwa petarung dan tidak mau repot-repot untuk farming yang cepat demi mendapatkan gold yang banyak, maka karakter Dota 2 dengan type Strenght (Tanker) adalah pilihan yang tepat buat kamu.

Sesuai dengan namanya “Strenght” yang artinya kuat, maka daftar hero tanker untuk pemula Dota 2 yang kami pilihkan dibawah ini tidak membutuhkan item yang mahal untuk bisa membunuh hero lawan.

Mereka benar-benar kuat dalam artian sulit untuk dibunuh bahkan jika 1 vs 2 atau lebih sekalipun, serta memiliki regen HP (regenerasi darah) yang cepat bahkan untuk level-level awal permainan.

7. Axe The Mogul Khan

loading...

Axe hero tanker untuk pemula dota 2

Role: Initiator /Durable /Disabler /Jungler  (Melee)
Primary Attribute: Strenght

 

Bagi seorang pemula sangat tidak disarankan untuk melakukan Farming di Hutan / Jungler. Namun, jika keadaan memaksa atau karena memang kamu tipe pemain yang suka jungler, maka Axe adalah karakter Dota 2 terkuat untuk pemula yang wajib kamu pilih.

Axe merupakan salah satu hero Dota 2 terkuat dengan kemampuan survivability yang sangat tinggi berkat adanya skill “Counter Helix” yang berguna untuk membalas setiap serangan lawan yang masuk serta skill “Berserker Call” yang bisa menambahkan armor hero kamu dalam jumlah yang sangat besar.

Berkat kemampuan survivability tersebut, maka Axe alias Moghul Khan termasuk salah satu type hero Strengt yang flexible, artinya hero ini bisa berada dimana saja. Axe sanggup untuk solo offlane, farming di hutan mulai dari awal game atau bahkan melakukan backdoor di awal game.

Bicara mengenai Backdoor, kamu pasti sering melihat pemain yang menggunakan hero Axe melakukan teknik blocking creep lawan dibelakang tower lawan, akibatnya tentu saja tower lawan tersebut bisa hancur hanya dalam waktu hitungan beberapa menit saja. Itulah yang namanya backdoor.

Tips Hero Axe untuk pemula:
  • Gunakan item Blink Dagger untuk nge-blink ke dekat hero musuh, laku segera aktifkan skill 1 Berserker’s Call diikuti dengan mengaktifkan item Blade Mail.
  • Jika hero musuh sudah sekarat, langsung habisi dengan menggunakan ULTI Culling Blade”.
  • Jika kamu ingin melakukan Backdoor, maka pastikan hero kawan yang akan menemani kamu adalah hero yang memiliki kemampuan heal atau disable atau stuner. Jika tidak, bisa jadi kamu akan dikeroyok musuh, dan akhirnya mati sia-sia.
  • Saat melakukan Backdoor, pastikan juga kamu membawa item Town Portal Scroll (TP). Jika kamu sekarat, maka kamu bisa segera pulang ke markas dengan cara PORTAL, sehingga bisa terhindar dari kematian.
Rekomendasi Build Item Hero Axe bagi Pemula:

Awal game:

  • Jika kamu farming di hutan / Jungle: Tango 1 set, Stout Shield, Quelling Blade, Iron Branch 2 set.
  • Jika bukan Jungler: Tango 1 set, Stout Shield, Ring of Protection, Enchanted Mango.

Core Items / Late Game:

1. Tranquil Boots / Boots of Travel

2. Blink Dagger 

3. Blade Mail

4. Vanguard / Crimson Guard: Beli dulu item Vanguard, jika Gold sudah mencukupi upgrade menjadi Crimson Guard.

5. Lotus Orb

6. Heart of Tarrasque

 

8. Bristleback (BB)

Bristleback hero dota 2 terkuat untuk pemula

Role: Durable /Initiator /Nuker (Melee)
Primary Attribute: Strenght

 

Hero Bristleback kami kategorikan sebagai hero yang mudah digunakan oleh para pemula karena memiliki banyak skill aktif dengan cooldown yang sangat cepat dan hanya membutuhkan mana yang sedikit, mulai dari skil 1 “Viscous Nasal Goo” yang berguna untuk mengurangi Armor musuh sekaligus memperlambat speed nya, Skill 2 “Quill Spray” yang berguna untuk mengeluarkan duri Landak yang sangat sakit kepada musuh.

Bristleback juga memiliki kemampuan skil pasif yang berguna untuk melindungi nya dari serangan musuh (skill 3 “Bristleback”). Skill ini akan membuat BB menjadi keras seperti batu cadas.

Skill ULTI pasif “Warpath” akan menambah Speed dan Damage dari hero Bristleback itu sendiri setiap selesai mengeluarkan skill.

Perpaduan antara skill aktif yang cooldown-nya cepat ditambah memiliki basic armor yang keras, akan menjadikan Bristleback sebagai salah satu hero Dota 2 terkuat untuk pemula, baik di awal game maupun di late game.

Tips Hero Bristleback bagi pemula:
  • Gunakan skill 1 “Viscous Nasal Goo” untuk mencicil dan mengurangi armor musuh, lalu ikuti dengan mengaktifkan skill 2 “Quill Spray“, setelah itu HIT hero lawan.
  • Ulangi langkah tersebut sampai hero lawan mati atau terpaksa kabur karena tidak tahan berhadapan dengan hero Bristleback kamu.
  • Jika kamu diserang lawan (baik oleh hero lawan ataupun oleh creep lawan) balikkan badan hero Bristleback kamu supaya damage yang diterima menjadi jauh berkurang.
  • Dikarenakan hero Bristleback memiliki mana pool yang sedikit, ada baiknya kamu membawa item Enchanted Mango (minimal 2 set) di awal-awal game. Jika mana kamu kurang, tinggal makan item Enchanted Mango tersebut, maka secara instant akan menambah mana sebesar 150 mana (jumlah yang sangat cukup untuk mengaktifkan skill Bristleback.
Rekomendasi Build Item Hero Bristleback:

Awal game: Tango 1 set, Stout Shield, Ring of Protection, Enchanted Mango.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Vanguard / Crimson Guard: Beli dulu item Vanguard, jika Gold sudah mencukupi upgrade menjadi Crimson Guard.

3. Pipe of Insight

4. Octarine Core

5. Blade Mail / Heart of Tarrasque: Beli dulu Blade Mail, lalu di late game ganti menjadi Heart of Tarrasque.

6. Assault Cuirass

 

Karakter Dota 2 Untuk Pemula Sebagai TANKER sekaligus Merangkap CARRY

Bagi kamu yang berjiwa carry tapi takut cepat mati karena darah yang tipis, maka hero type Strenght dibawah ini bisa kamu pilih untuk memenuhi keinginan kamu.

Hero-hero berikut bisa merangkap TANKER sekaligus sebagai Carry di team kamu.

9. Wraith King (WK) – Ostarion

Wraith King hero carry dota 2 untuk pemula

Role: Carry /Support /Durable /Disabler /Initiator (Melee)
Primary Attribute: Strenght

Meskipun atribute utama Wraith King adalah Strenght, namun si Ostarion ini termasuk salah satu Hero Carry Melee Dota 2 yang sangat populer di kalangan para pemula, salah satu penyebabnya karena hanya memiliki 1 skill aktif.

Satu-satunya skill aktif yang dimiliki hero Wraith King adalah skil 1 “Wraithfire Blast”, yaitu skill stun yang dapat mengejar targetnya.

Selain karena alasan hanya memiliki satu skill aktif, hero ini juga memiliki ULTIMATE / ulti “Reincarnation” yang dapat menghidupkan dirinya kembali, dengan kata lain si Wraith King ini memiliki nyawa rangkap. Terbayang bukan, bagaimana sulitnya membunuh hero carry yang memiliki 2 nyawa?

Untuk urusan regenerasi darah, WK memiliki skill pasif “Vampiric Aura” yang akan mengeluarkan efek aura Life Steal bagi WK maupun untuk hero lain yang satu team.

Sedangkan skil “Mortal Strike” akan memungkinkan Ostarion untuk mengeluarkan critical setiap serangan yang dia lakukan, sebuah skill yang sangat berguna untuk membantu Ostarion ketika mengharas lawan atau ketika terjadi war / clash.

Dengan hanya 1 skill pasif ditambah critical dan aura life steal serta kemampuan untuk hidup lagi setelah mati, itu artinya akan sangat sulit untu membunuh si Wraith King ini, apalagi jika itemnya sudah jadi semua (late game).

Dengan demikian, sangat wajar rasanya jika hero Wraith King atau Ostarion ini menjadi salah satu karakter paling favorit dikalangan para pemain pemula Dota 2. Dan MainDota2.com sangat setuju dengan pendapat tersebut.

Rekomendasi Item Build Hero Wraith King:

Awal game: Tango 1 set, Quelling Blade, Stout Shield, Enchanted Mango.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Desolator

3. Shadow Blade / Silver Edge atau Blink Dagger

  • Jika kamu belum terbiasa menggunakan item Blink Dagger, saya sarankan untuk membeli item Shadow Blade yang kemudian bisa diupgrade menjadi Silver Edge.
  • Sebaliknya jika kamu sudah terbiasa, silahkan beli Blink Dagger karena item ini sangat berguna untuk memaksimalkan salah satu peran hero WK yaitu sebagai inisiator serangan pada sebuah clash / war.

4. Black King Bar

5. Monkey King Bar

6. Assault Cuirass

 

10. Sven – The Rogue Knight

Sven hero dota 2 untuk pemula dan itemnya

Role: Carry /Disabler /Initiator /Durable /Nuker (Melee)
Primary Attribute: Strenght

Seperti halnya Wraith King, SVEN juga merupakan hero Dota 2 type Strenght yang bisa menjadi Carry yang sangat mematikan namun tetap mudah untuk digunakan bahkan oleh para pemula sekalipun.

Penampilan sangar The Rogue Knight dengan pedangnya yang sangat besar adalah pertanda bahwa hero ini memang betul-betul menyeramkan (dalam artian sangat mematikan) karena memiliki skil ULTI “God’s Strength” yang berguna untuk untuk melipat gandakan damage/kekuatan Sven menjadi 2x lipat (200%) dibanding sebelum mengaktifkan ULTI.

Satu-satunya kelemaan Sven adalah status Mana Pool yang sangat kecil di awal-awal game (early game), artinya sven memiliki mana yang sedikit jika dibanding kebutuhan mana untuk mengeluarkan skill aktifnya.

Namun demikian, hal tersebut bisa diatasi dengan membeli item “Enchanted Mango” yang murah meriah (seharga 100 gold).

Rekomendasi Item SVEN untuk pemula:

Awal game: Tango 1 set, Quelling Blade, Stout Shield, Enchanted Mango.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Morbid Mask / Mask of Madness

3. Shadow Blade / Silver Edge atau Blink Dagger

  • Jika kamu belum terbiasa menggunakan item Blink Dagger, saya sarankan untuk membeli item Shadow Blade yang kemudian bisa diupgrade menjadi Silver Edge.

4. Yasha / Sange and Yasha

5. Black King Bar

5. Crystalys / Daedalus

 

11. Davion The Dragon Knight (DK)

Dragon Knight hero dota 2 yang cocok untuk pemula

Role: Carry /Pusher /Durable /Disabler /Initiator /Nuker (Melee)
Primary Attribute: Strenght

 

Davion atau lebih dikenal dengan julukan Dragon Knight (DK) merupakan hero Strenght Dota 2 yang juga cocok dan mudah digunakan oleh para newbie, baik sebagai Tanker, sebagai Carry ataupun merangkap Carry sekaligus Tangker.

Sesuai dengan julukannya sebagai The Dragon Knight, Hero DK ini bisa menjelma menjadi seekor Naga Api yang sangat mematikan berkat skill ULTI “Elder Dragon Form” nya.

Selain itu juga dilengkapi dengan skill aktif “Breathe Fire” yang bisa digunakan untuk menyerang musuh sekaligus mengurangi damage musuh tersebut, serta memiliki skill pasif “Dragon Blood” yang membuat Davion bisa meregenerasi darahnya sekaligus menambah ARMOR sehingga makin sulit dibunuh musuh .

Untuk urusan disable, Davion memiliki skill Stun “Dragon Tail” yang bisa digunakan untuk menyerang musuh atau sebaliknya untuk kabur dari serangan musuh.

Rekomendasi Item Dragon Knight untuk pemula:

Awal game: Tango 1 set, Quelling Blade, Stout Shield, Enchanted Mango.

Core Items / Late Game:

1. Power Treads / Boots of Travel

2. Shadow Blade / Silver Edge

3. Maelstrom / Mjollnir

4. Yasha / Manta Style

5. Black King Bar

6. Assault Cuirass atau Heart of Tarrasque

  • Jika di team kamu tidak ada hero Tanker selain kamu, sebaiknya beli item Heart of Tarrasque
  • Sebaliknya jika ada Tanker lain, beli saja item Assault Cuirass

 

Rekomendasi Hero Support Dota 2 Untuk Pemula Yang Paling Mudah Dimainkan

Jika kamu termasuk type player Dota 2 yang tidak mau menjadi Carry karena harus bisa Farming dengan cepat dan Efiesien tetapi juga tidak mau menjalani peran sebagai hero Tanker yang harus maju duluan sebagai pembuka war / clash, maka hero Support adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Jika kamu seorang Newbie di Dota 2 dan ingin memainkan peran sebagai Support, kami sudah sediakan daftar hero support Dota 2 untuk pemula yang terbaik dan paling cocok untuk kamu mainkan beserta item apa saja yang direkomendasikan.

Berikut pilihan terbaik hero Support Dota 2 yang paling mudah dikuasai oleh para pemula/Newbie:

12. Lion the Demon Witch

Lion hero support dota 2 untuk pemula

Role: Support /Disabler /Nuker /Initiator (Ranged)
Primary Attribute: Intelligence

Lion the Demon Witch adalah hero ranged dengan type Intelligence pilihan pertama yang patut kamu pertimbangkan jika masih pemula di Dota 2.

Layaknya seorang Support, Lion tidak membutuhkan banyak item yang mahal-mahal hanya untuk bisa meng-kill musuh. Cukup dengan modal Sepatu dan Blink Dagger atau Shadow Blade, Lion sudah bisa membunuh hero carry musuh dengan mudah di awal game (early game). Sedangkan di Late game, adalah tugas Carry untuk membunuh musuh.

Untuk urusan meng-Harass (cicil musuh) ataupun Ganking musuh, Demon Witch memiliki skill “Earth Spike” yang berguna untuk men-Stun musuh dan skill “Hex” untuk merubah musuh menjadi seekor Kodok, serta skill “Mana Drain” untuk menghisap mana musuh.

Sedangkan untuk urusan Damage, skill ULTI Lion “Finger of Death” sangatlah sakit di awal game (early game), bahkan bisa instant kill (langsung mati ketika di ULTI) jika musuh yang di ulti adalah type Carry dengan darah tipis seperti Sniper, Clink, dll.

Rekomendasi Item Lion sebagai Support untuk pemula:

Awal game: Animal Courier, Observer Ward 1 set (atau sekaligus 2 set), Tango 1 set, Enchanted Mango, Healing Salve.

Core Items / Late Game:

1. Tranquil Boots / Boots of Travel

2. Blink Dagger atau Force Staff

  • Jika kamu sudah terbiasa menggunakan item Blink Dagger, sebaiknya beli item ini karena sangat berguna untuk memaksimalkan peran Lion sebagai seorang Support sekaligus sebagai Ganker.
  • Kalau beleum terbiasa, sebaiknya beli item Force Staff saja.

3. Mekansm / Guardian Greaves

  • Beli dulu item Mekansm, jika Gold sudah banyak baru upgrade menjadi Guardian Greaves.

4. Aether Lens

  • Iteam Aether Lens berguna untuk menambah jarak jangkaun skill hero dengan type Intelligence.

5. Eul’s Scepter of Divinity

  • Eul’s berguna untuk men-disable musuh atau untuk menyelamatkan hero Carry team kamu dari kejaran musuh.

6. Aghanim’s Scepter

  • Aghanim’s berguna untuk memaksimalkan ULTI Lion “Finger of Death”. JIka belum ada Aghanim’s, maka hanya 1 hero musuh yang bisa kamu ULTI. Sebaliknya jika sudah punya item Aghanim’s, maka semua hero atau unit musuh yang berdekatan akan terkena efek ULTI Lion.
Tips Hero Lion untuk pemula sebagai support sejati:
  • Sebagai seorang support, biasakan untuk selalu membeli dan pasang item Observer Ward untuk menerangi MAP kamu.
  • Beli dan pasang juga Sentry Ward untuk menghancurkan Observer Ward musuh serta untuk meng-counter hero musuh yang menghilang / invis.
Tips Hero Lion untuk pemula sebagai Ganker:
  • Gunakan item Blink Dagger untuk nge-blink ke dekat hero musuh, laku segera jadikan musuh menjadi Kodok dengan menggunakan skill 2 “Hex.
  • Tepat setelah musuh berubah jadi seekor Kodok, segera sedot sampai habis mana musuh dengan menggunakan skill 3 “Mana Drain”.
  • Setelah itu segera Stun musuh menggunakan skill 1 “Earth Spike” diikuti dengan meng-Hit musuh (klik kanan mouse ke arah hero musuh) sebanyak 2x Hit.
  • Lalu selesaikan dengan menggunakan ULTI Lion “Finger of Death”. Dijamin musuh kamu akan langsung mati.
  • Catatan: Skenario diatas hanya berlaku untuk di awal game (Early Game) sampai pertengahan game (MID Game). Sedangkan untuk Late Game, sangat kecil kemungkinan hero musuh akan langsung mati. Dengan kata lain, banyak faktor yang mempengaruhi hasilnya, salah satunya tergantung Level dan Item hero musuh.

 

13. Rhasta the Shadow Shaman

Shadow Shaman hero support dota 2 pemula

Role:  Support /Pusher /Disabler /Nuker /Initiator (Ranged)
Primary Attribute: Intelligence

Seperti halnya Lion, Rhasta atau yang lebih populer dengan nama Shadow Shaman juga merupakan hero ranged dengan type Intelligence yang sering dipakai sebagai Support. Rhasta juga mudah untuk dikuasai oleh para pemain pemula Dota 2.

Salah satu perbedaan yang mencolok antara Shadow Shaman dengan Lion adalah; jika Lion lebih sering dipakai support Ganker, sebaliknya Shadow Shaman sering dipakai sebagai Support sekaligus Pusher (menghancurkan tower atau bangunan lawan).

Shaman memang sangat cocok dipakai sebagai seorang pusher berkat kemampuan ULTI nya “Mass Serpent Ward” yang akan mengeluarkan sekumpulan Ular yang sangat ampuh baik untuk menghancurkan tower lawan atau bangunan yang lain dengan cepat maupun untuk menghajar hero musuh.

Shadow Shaman juga memiliki kemampuan untuk mendisable musuh berupa skill 2 “Hex” yang akan merubah musuh menjadi seekor Ayam dan skill “Shackles” untuk mengikat musuh supaya tidak bisa bergerak kemana-mana.

Untuk urusan mengharass atau mencicil musuh, Shaman memiliki skill 1 “Ether Shock” yang akan mengeluarkan semburan seperti api yang ber-efek area. Artinya tiak hanya satu unit musuh yang akan terkena damage skill ini, tapi unit-unit lain yang berdekatan juga akan mendapatkan damage yang sama.

Rekomendasi Item Shadow Shaman sebagai Support untuk pemula:

Awal game: Animal Courier, Observer Ward 1 set (atau sekaligus 2 set), Tango 1 set, Enchanted Mango, Healing Salve.

  • Catt: Jika teman kamu sudah ada yang membeli Courir, kamu bisa gunakan sisa Gold untuk membeli Observer Ward.

Core Items / Late Game:

1. Arcane Boots / Boots of Travel

2. Blink Dagger atau Force Staff

3. Mekansm / Guardian Greaves

  • Beli dulu item Mekansm, jika memungkinkan upgrade menjadi Guardian Greaves.

4. Aether Lens

  • Iteam Aether Lens berguna untuk menambah jarak jangkaun skill hero dengan type Intelligence.

5. Eul’s Scepter of Divinity

  • Eul’s berguna untuk men-disable musuh atau untuk menyelamatkan hero Carry team kamu dari kejaran musuh.

6. Aghanim’s Scepter dan Refresher Orb

  • Jika seluruh item wajib sudah kamu beli dan masih ada sisa gold, maka kamu bisa membeli item pamungkas “Refresher Orb”. Item ini berfungsi untuk mereset cooldown skill hero kamu. Artinya kamu bisa menggunakan ULTI “Mass Serpent Ward” sebanyak 2 kali sekaligus.

 

Tips Memilih Hero Dota 2 Untuk Pemula Supaya Gampang Menang

Setelah mengetahui apa saja karakter Dota 2 untuk pemula yang paling cocok dan mudah untuk dimainkan, selanjutnya kamu perlu mengetahui beberapa tips dibawah ini supaya peluang kemenangan kamu di setiap match semakin besar.

  • Gunakanlah hero yang betul-betul kamu kuasai. Jika kamu ingin belajar memainkan hero tertentu, maka sebaiknya kamu berlatih dengan bot, bukan dengan mencoba-coba hero tersebut di Normal Match apalagi di Ranked Match.
  • Jangan pernah mencoba-coba item, sebaiknya beli item yang kami rekomendasikan di artikel ini atau kamu bisa baca Tips memilih item dan memilih skill hero Dota 2. Selain skill pemain, Item memang kebutuhan utama di Dota 2, tetapi jika kamu salah membeli item maka item tersebut tidak akan berguna baik utnuk hero maupun untuk team kamu.
  • Sedapat mungkin pilih lah hero range. Mengapa hero range? Karena ketika kamu mengunakan hero range, kamu bisa bermain lebih aman karena memiliki jarak serangan yang jauh, entah itu sewaktu farming ataupun sewaktu war / Clash. Hero carry jarak jauh Dota 2 seperti Sniper, Viper, Clinkz adalah pilihan yang bijak. Sedangkan hero support rata-rata adalah hero ranged.
  • Jika kamu pemain pemula / Newbie di Dota 2, saya sarankan agar kamu sering melihat orang lain bermain supaya skill permainan kamu semakin meningkat. Banyak pemain yang menunjukkan cara mereka bermain di Youtube, dan kamu bisa menontonnya dengan gratis.
  • Atau kamu bisa kunjungi channel MainDota2 di Youtube untuk mendapatkan tips dan trik seputar Dota 2, seperti cara stack / menumpuk creep, cara memasang ward (tips warding), cara jungle, serta tips dan trik seputar Dota 2 lainnya.
  • TIPS TAMBAHAN: Jangan sering mati. Lebih baik memiliki skor kill 0 (nol) tapi tidak mati / jarang mati daripada banyak kill tapi juga banyak mati. Jika kamu jarang mati maka level hero kamu akan cepat naik. Sebaliknya jika sering mati maka level dan gold musuh yang akan cepat bertambah, kalau itu terjadi maka permaianan akan semakin sulit untuk kamu menangkan.

 

Apa Saja Hero Dota 2 yang menurut kamu paling mudah untuk dimainkan oleh para pemula?

Kami sudah paparkan dengan jelas dan rinci apa saja hero Dota 2 yang paling mudah untuk dimainkan oleh newbie player beserta item build yang disarankan, mulai dari pilihan hero Carry, Tanker maupun Support.

Dari daftar hero Dota 2 untuk pemula pada artikel ini, karakter Dota 2 yang mana yang menurut kamu paling mudah untuk dikuasai?

Kamu ingin menambahkan hero lain yang menurut kamu juga gampang untuk dimainkan oleh para pemula, atau kamu memiliki style build item yang berbeda dengan yang kami paparkan di artikel ini?

Jangan ragu untuk berbagi pengalaman kamu melalui kolom komentar di bawah.

13 Pilihan Hero Dota 2 Untuk Pemula Dan Itemnya Yang Cocok
9.6 (96.25%) 16 votes

Kamu dapat menemukan artikel ini dengan tags berikut

  • hero dota 2 terkuat dan itemnya
  • hero dota 2 dan itemnya
  • hero dota 2 terbaik dan itemnya
  • item hero dota yang cocok
  • hero untuk pemula di dota
  • panduan memilih hero dota 2 bagi pemula
  • hero carry dota 2 untuk pemula
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Shares